Prospek Kerja 4 Jurusan Kuliah Dibidang Pertanian | AGROTEKNOLOGI, AGRIBISNIS, ILMU TEKNOLOGI PANGAN DAN KETEKNIKAN PERTANIAN.

Prospek 4 Jurusan  dibidang pertanian. hey hey hey kamu yang mau tamat SMA atau bahkan kamu yang Anak SMK dan sekarang masih bingung mau milih kuliah jurusan apa. Mau milih jurusan pertanian  tapi gak tau ni prospek kedepannya gimana ya. kamu gak ada salahnya ni buat singgah sebentar biar aku kasih tau beberapa jurusan di bidang pertanian yang sangat menjanjikan apalagi pertanian itu adalah harapan seluruh umat manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Selama kamu masih makan maka pertanian tetap akan dibutuhkan.

Disini kita akan bahas 4 Jurusan dibidang pertanaian yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah. dan memiliki potensi yang sangat luas dalam prospek pekerjaannya dan ketersediaan lapangan kerjanya. baiklah langsung saja 4 jurusan kuliah dibidang pertanian kita ulas satu persatu.

1. Jurusan Agroteknologi

Jurusan kuliah satu ini memang sangat digandrungi akhir-akhir ini. Apalagi pada tahun lalu (2019) jurusan ini menjadi tervaforit kedua setelah kedokteran.  yang merangsek naik menjadi jurusan teravorit kedua dengan total pemilih mencapai 6.042 orang. Artinya, ini menjadi jurusan yang paling banyak diminati setelah kedokteran. 

Jurusan agroteknologi adalah jurusan yang seru lh. Jurusan ini mempelajari bagaimana mengembangkan teknologi budidaya pertanian untuk meningkatkan produktivitas tanaman guna memenuhi permintaan produksi yang terus meningkat. 

jurusan agroteknologi mulanya adalah gabungan dari 4 jurusan yaitu jurusan ilmu tanah, pemuliaan tanaman, agronomi dan hama penyakit tanaman. oleh karena itu maka setelah masuk jurusan ini sekitar 4 semester mahasiswanya akan di suruh memilih konsentrasi sesuai minat kita.  

Berbicara tentang apa gelar lulusan agroteknologi?. Nah Penting untuk kamu ketahui bahawa lulusan jurusan agroteknologi bergelar S.Agr. Selanjutnya mari kita bicara tentang prospek kerjanya.

Prospek kerja Jurusan Agroteknologi

Jurusan agroteknologi sudah pasti berkaitan dengan pertanian secara langsung. maka prospek kerjanya sudah pasti tidak jauh jauh dari budidaya tanaman. tapi tunggu dulu itu hanya salah satunya loh. Prospek Jurusan ini antara lain.

1.Pimpinan sebuah perkebunan. Lulusan jurusan agroteknologi sangat dibutuhkan oleh perusahaan perkebunan seperti perkebunan sawit, karet baik BUMN maupun perusahaan swasta oleh karena itu lulusan jurusan ini kebanyakan gak ngangur kecuali yang tak suka hidup di kebun atau anak manja.

2. Bekerja sebagai dosen. sudah tentu bahwa kalua ingin jadi dosen di jurusan pertanian gak cukup hanya lulus S1 mesti lanjut kuliah lagi minimal S2. setelah itu bias deh di coba daftar jadi dosen di sebuah universitas atau ikut ujian CPNS. tentunys kamu harus pinter buktikan dengan IP dan prestasi.

3. Bekerja di Lembaga Penelitian (LIPI). prospek pengenmbangan teknologi budidaya pertanian sangat luas sehingga banyak Lembaga penelitian yang bias jadi sarana tempat lulusan agroteknologi bekerja. contohnya di Lembaga penelitian kelapa sawit, Lembaga penelitian hortikultura dan bannyak lagi.

4. Bekerja sebagai konsultan pertanian. Pekerjaan ini seperti memberikan masukan kepada perusahaan-perusahaan tentang bagaimana meningkatkan produksi. 

5. Bekerja sebagai enterpreneur di bidang pertanian. Kita tau zaman sekarang ini apa saja bisa menjadi peluang, apalagi sekarang sudah mulai banyak anak muda membangun usaha pertanian dan kisah suksesnya pun sudah banyak kita dengar baik dimedia cetak atau elektronik. Contoh nya startup di bidang pertanian.

6. Sebagai pebisnis. Dengan ilmu yang kamu dapatkan di perkuliahan kamu dapat menciptakan produk-produk seperti pupuk, pestisida, dan lain sebagainya. Dengan itu mahasiswa lulusan jurusan ini dapat mengembangkan produk terbaru dan menjualnya.

7. Bekerja di bidang pemerintahan. Ya jurusan ini berpeluang bekerja di dinas perkebunan baik ditingkat desa hingga kementerian pertanian.

8. Bekerja sebagai penyuluh pertanian lulusan jurusan ini memang sangat berpeluang untuk menjadi penyuluh pertanian dalam mengedukasi masyarakat petani untuk meningkatkan produksi.

2. Jurusan Agribisnis

Berbicara tentang jurusan Agribisnis sudah  tentu kamu bias membayangkankan apa saja yang bakal kamu pelajari di jika berkuliah mengambil jurusan ini. Bisnis adalah adalah hal yang familiar di kepala kamu pasti aktivitas jual beli. Nah di jurusan ini kamu bakal mempelajari bagaimana pola produk-produk pertanian dipasarkan dan bagaimana cara berbisnis di bidang pertanian dari sector Hulu hingga hilirnya. 

Jurusan agribisnis itu adalah jurusan yang mempelajari usaha baik di bidang pertanian maupun social ekonomi dengan konsep yang berkelanjutan. Jadi peluang kerjanya juga luas.

Dan apa sih Gelar lulusan agribisnis? Penting untuk kamu ketahui bahwa jika kamu lulus jurusan ini kamu akandapat gelar SP. Untuk prospek kerjanya mari kita paparkan satu persatu. 

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

1. Berpeluang bekerja di sector pertanian perkebunan, peternakan,  perikanan dan juga kehutanan karena lingkup tersebut masih merupakan lingkup agribinis.

2. Berpeluang bekerja sebagai pengusaha atau enterprenuer dibidang pertanian karena jurusan ini memang mempelajari hal itu.

4. Bekerja sebagai konsultan pertanian untuk sebuah perusahaan,.

5. Bekerja sebagai tenaga pendidik atau dosen di sekolah SMK atau Perguruan tinggi.

6. Pekerja pemerintahan sebagai penyuluh pertanian bahakan bias menjadi PNS. Siapa bilang jurusan agribisnis tidak bias menjadi PNS. 

7. Peneliti dibidang agribisnis pertanian.

3. Jurusan Keteknikan Pertanian

Selanjutnya Jurusan Keteknikan Pertanian. Nah kamu pasti bertanya tanya kan apa sih prospek jurusan kuliah keteknikan pertanian. tapi sebelum kita membahas prospek kerjanya ada baiknya kamu harus tau apa saja yang bakal kamu pelajari di jurusan ini.

Pada dasarnya jurusan ini adalah jurusan Teknik akan tetapi dikasih embel-embel pertanian. Dari namanya kamu bakal dapat menyimpulkan bahwa jurusan keteknikan pertanian akan mempelajari tentang mesin-mesin pertanian atau bagaimana menciptakan teknologi modern yang dapat memudahkan dalam proses budidaya pertanian. maka di jurusan ini selain kamu belajar tentang pertanian kamu akan juga diajarkan pelajaran anak jurusan Teknik. seperti jurusan mesin dan juga program computer. Intinya ya kamu bakal banyak belajar tentang mesin dan merakit mesin mesin atau alat alat untuk kebutuhan moderenisasi pertanian.

So kalua kamu tertarik dengan mesin-mesin pertanian dan sebagainya boleh di coba jurusan Keteknikan Pertanian. Nah, Untuk gelar yang bakal didapatkan lulusan jurusan keteknikan pertanian adalah S.Tp. Untuk prospek kerjanya mari kita bahas sekarang.

Prospek Kerja Jurusan Keteknikan Pertanian

Untuk prospek kerja Jurusan Keteknikan Pertanian adalaha sebagai berikut :

1. Bekerja sebagai ahli Teknik Energi mesin mesin pertanian.

2. Bekerja sebagai mekanik mesin-mesin pertanian di perusahaan-perusahan perkebunan, di pabrik-pabrik, di berbagai sector yang memerlukan mesin pertanian.

3. Bekerja sebagai pengajar atau dosen Perguruan tinggi.

4. Ahli Teknik Pertanian, tugasnya adalah memecahkan masalah pertanian misalnya, terkait listrik, efisiensi peralatan dan mesin, polusi dan isu-isu lingkungan, Konservasi tanah dan air, hingga menyimpan dan pengolahan hasil pertanian. contohnya sebagai Teknisi Peneliti Agrikultur, Ahli Pertanian

5. Ahli energi Industri, Ahli Verifikasi dan pengukur, Manajer energi, Manager Proyek Distribusi Generasi, dan Ahli Solusi Lingkungan.

6. Bekerja Sebagai Enterprenuer atau sebagai petani yang dapat menerapkan teknologi pertanian yang di pelajari.

4. Jurusan Ilmu Teknologi Pangan

Kita bahas untuk Jurusan Kuliah Dibidang Pertanian Yang bakal kita bahs terakhir adalah Jurusan Ilmu Teknologi Pangan. Buat kamu yang suka masak memasak cocok ni ambil jurusan ini, Eits.. tapi tunggu dulu di jurusan Ilmu Teknologi Pangan Kamu bukan hanya memasak Tetapi Di jurusan Ini kamu Bukan masak masak biasa loh.

Nah, sebelum kita membahas Prospek Kerja lulusan Ilmu Teknologi Pangan ada Baiknya kita bahas dulu apa sih yang akankamu pelajari dijurusan ini.

Jurusan Ilmu Teknologi pangan adalah jurusan yang mempelajari tentang penerapan ilmu pengetahian tentang bahan pangan atau hasil pertanian khususnya setelah panen menggunakan teknologi yang tepat untuk memperoleh manfaat yang maksimal dan meningkatkan nilai produk pertanian tersebut.

Lulusan jurusan Ilmu teknologi pangan apa sih gelarnya? Nah, Untuk kamu yang belum tau apa gelar Yang didapatkan lulusan dari Jurusan ilmu teknologi pangan maka saya akan kasih tau. Gelar lulusan jurusan Ilmu teknologi pangan adalah S.T.P.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Teknologi Pangan

Nah langsung saja kita lihat apa saja sih Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Teknologi Pangan:
1. Bekerja sebagai ahli dalam food Microbiologi dan safety. yaitu penerapan bioteknologi dalam membuat makanan yang aman untuk dimakan. contoh bekerja di perusahaan Yakult.

2. Sebagai Ahli Nutrisi dan kesehatan. lulusan jurusan Ilmu teknologi Pangan dapat bekerja sebagai ahli nutrisi contohnya sebagai ahli nutrisi untuk menciptakan diet sehat.

3. Ahli quality control dan Asurance. bekerja  sebagai peninjau kualitas atau meneliti produk dari proses awal pembuatan hingga produk tersebut sampai ketangan konsumen agar kualitas tetap terjaga dan terjamin mutunya.

4. Marketing Dan management. Yaitu bekerja sebagi perencana dan pelaksana penetapan harga promosi, penyaluran gagasan sehingga produk yang di buat oleh sebuah perusahaan menciptakan pertukaran yang memuaskan untuk perusahaan dan konsumennya.

5. Pengembanga Produk Baru. Nah ini bias bekerja sebagai Enterprenuer menciptakan produk baru dan menjualnya atau bekerja dengan perusaan dan bekerja sebagi pengembang atau inovasi produk yang akan di jual kepada konsumen.

6. Food Enginering and Processing. Bekerja untuk sebuah perusahaan dalam mencitakan produk pangan menggunakan prinsip rekayasa proses pangan.

8. Food Sustainabelity and Policy, bekerja mengontrol keamanan dan kesehatan produk pertanian.

Nah untuk kamu yang masih binggung mau ambil jurusan apa setelah lulus sekolah menengah atas. 4 jurusan dibidang pertanian diatas boleh jadi pertimbangan kamu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANCA USAHA TANI dan SAPTA USAHA TANI

Kacang Tanah Lurik | MENGENAL KELEBIHAN KACANG TANAH LURIK ASAL NTT

BAKTERI PADA RUMEN RUMINANSIA