Kacang Tanah Lurik | MENGENAL KELEBIHAN KACANG TANAH LURIK ASAL NTT

Kacang tanah lurik sedang booming saat ini pasalnya varietas kacang Tanah lurik asal NTT ini Tembus Pasar eropa. oleh karena itu banyak yang bertanya tanya apa sih karakteristik benih kacang ini sehingga disebut varietas unggul.

Kacang Tanah lurik asal NTT adalah salah satu varietas kacang tanah yang ada di Indonesia. Kacang tanah  di Provinsi Nusa Tenggara Timur dibudidayakan cukup luas sekitar 1,5 juta hektar are dan daerah ini memang cocok untuk pengembangan budidaya kacang tanah. 

Kacang Tanah merupakan komoditi yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi dibandingkan dengan tanaman pangan lain seperti jagung dan kacang kacangan lainnya di tanah kering. Upaya untuk meni gkatkan produksi kacang tanah juga terus dilakukan dengan menciptakan dan membudidayakan varietas-varietas yang memiliki sifat unggul dari segi produksi dan ketahanannya dalam cekaman lingkungan.

Kacang tanah lurik akhir-akhir ini menarik perhatian para petani dan pengusaha di bidang pertanian. Apalagi kabarnya Produksi kacang tanah lurik ini tembus ke pasar eropa. oleh karena itu untuk menjawab apa saja kelebihan kacang tanah lurik asal NTT ini saya akan paparkan di bawah ini.

Mengenal Kelebiha Kacang Tanah Lurik Asal NTT

1. Kacang Lokal (Varietas Lokal)

Kacang tanah lurik adalah kacang tanah varietas local yang dikembangkan oleh sejumlah petani di kecamatan insane Fafinesu, Kabupaten Timot Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT). Kacang Tanah ini memiliki warna kulit dalam yang coklat polos seperti kacang tanah pada umumnya akan tetapi pada bijinya terdapat lurik-lurik berwarna merah atau coklat.

2. Bebas  Dari Aflatoksin

salah satu kelebihan kacang tanah lurik adalah bebas dari kontaminasi mikrobiologi dan bebas dari aflatoksik. Aflatoksin adalah segolongn senyawa beracun atau toksik yang berasala dari jamur yang dikenal sangat mematikan dan karsinogenik bagi manusia dan hewan. Racun ini banyak ditemukan pada banyak kacang tanah. senyawa ini umumnya di hasilkan oleh jamur dari jenis Aspergilus Terutama Aspergilus Plafus. 


3. Kaya Nutrisi Alami Seperti Protein dan  Vitamin E

Kelebihan kacang lurik asal NTT ini adalah kaya protein dan Vitamin E. Fungsi protein tersebut pada umumnya, protein berfungsi ialah sebagai zat pembangun tubuh dan juga pelindung tubuh, pendorong metabolisme serta penyokong organ tubuh dalam berbagai aktivitas. Sedangkan Vitamin E memiliki manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan dan melindungi sel darah merah yang mengankut oksigen untuk tubuh.


4. Memiliki Karakter Berbeda Dengan Jenis Kacang Tanah Lainnya.

Kacang tanah lurik memiliki biji dengan jumlah minimal tiga dan maksimal lima . Sementara itu biji dan polongnya mempunyai ukuran lebih beasar dibandingkan kacang tanah pada umumnya. produktivitas kacang tanah lurik dapat mencapai kurang lebih 25 polong pertanaman.


5. Tahan Terhadap Penyakit Layu Bakteri Dan Cekaman Kekeringan

Menurut hasil penelitian dan pengembangan  Univeritas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kacang Tanah lurik yang telah di kembangkan tahan terhadap penyakit layu bakteri dan cekaman kekeringan yang merupakan momok Utama petani kacang tanah selama ini.


Refrensi :

wikipedia

8villages.com

paktanidigital.com

ugm.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANCA USAHA TANI dan SAPTA USAHA TANI

BAKTERI PADA RUMEN RUMINANSIA