Manfaat kertas di kehidupan kita


Manfaat Kertas Dalam Mendukung Aktivitas  Manusia Sejak Dahulu Hingga Sekarang

Berbagai bidang kehidupan manusia sejak ditemukannya kertas sejak dahulu hingga sekarang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Khususnya pada bidang pendidikan. Kertas dahulu hanya digunakan untuk keperluan sastra tulis. Namun, sekarang karna semangkin banyaknya dan kompleksnya kebutuhan sandang manusia. Kertas juga digunakan dalam bidang industry kreatif yang memanfaatkan kertas sebagai aksesoris. Banyak berbagai inovasi lain dengan kertas sebagai bahan utamanya.
Kertas adalah bahan yang tipis, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah serat alami yang mengandung selulosa dan hemiselulosa. Kertas dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak serta melukis dan banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas misalnya kertas pembersih (tissue) yang digunakan untuk hidangan, kebersihan ataupun keperluan toilet.
Penemuan kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia. Sebelum ditemukan kertas, bangsa-bangsa dahulu menggunakan loh dari lempung yang dibakar. Hal ini bisa dijumpai dari peradaban bangsa Sumeria, Prasasti dari batu, kayu, bambu, kulit atau tulang binatang, sutra, bahkan daun lontar yang dirangkai seperti dijumpai pada naskah naskah Nusantara beberapa abad lampau.
            Tercatat dalam sejarah adalah peradaban Cina yang menyumbangkan kertas bagi Dunia. Adalah Tsai Lun yang menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero China pada tahun 101 Masehi. Penemuan ini akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring menyebarnya bangsa-bangsa China ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu meskipun pada awalnya cara pembuatan kertas merupakan hal yang sangat rahasia.
Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas tersebut jatuh ke tangan orang-orang Arab pada masa Abbasiyah terutama setelah kalahnya pasukan Dinasti Tang dalam Pertempuran Talas pada tahun 751 Masehi di mana para tawanan-tawanan perang mengajarkan cara pembuatan kertas kepada orang-orang Arab sehingga pada zaman Abbasiyah, muncullah pusat-pusat industri kertas baik di Bagdad maupun Samarkand dan kota-kota industri lainnya, kemudian menyebar ke Italia dan India, lalu Eropa khususnya setelah Perang Salib dan jatuhnya Grenada dari bangsa Moor ke tangan orang-orang Spanyol serta ke seluruh dunia.
            Pada tahun 1799, seorang Prancis bernama Nicholas Louis Robert menemukan proses untuk membuat lembaran-lembaran kertas dalam satu wire screen yang bergerak, dengan melalui perbaikan-perbaikan alat ini kini dikenal sebagai mesin Fourdrinier. Penemuan mesin silinder oleh John Dickinson pada tahun 1809 telah menyebabkan meningkatnya penggunaan mesin Fourdrinier dalam pembuatan kertas-kertas tipis. Tahun 1826, steam cylinder untuk pertama kalinya digunakan dalam pengeringan dan pada tahun 1927 Amerika Serikat mulai menggunakan mesin Fourdrinier.
Seiring perkembngan zaman, kertas semangkin pesat berkembang dan tidak dapat tergantikan. Penggunaan kertas tidak hanya di bidang pendidikan tetapi banyak industri kreatif yang membuat karya seni dari kertas. Seperti pembuatan aksesoris dari kertas, tas, dan dekorasi juga dapat menggunakan kertas. Seperti yang dilakukan beberapa komunitas yang memanfaatkan kertas sebagai media dalam berkarya seni seperti Rauf Rephanus, pendiri komunitas Peri Kertas Indonesia.
            Apa yang dilakukan Rauf dan teman-temannya yang tergabung dalam komunitas yang didirikan resmi pada 2009 silam itu. Ditangan orang-orang kreatif yang tergabung di dalamnya, bahan dasar kertas berubah menjadi sesuatu yang spesial. Sebut saja miniatur robot, bus transjakarta, hingga tokoh atau karakter kartun yang ia buat dari kertas. Karya-karyanya tersebut yang pernah diganjar dua rekor muri ini benar-benar apik dan tampak tidak sama sekali terbuat dari kertas karena detailnya.
             Kertas dalam bidang pendidikan menjadi suatu hal yang sangat fundamental. Karena kertas adalah sarana yang sangat  efektif bagi pelajar untuk belajar menulis dan membaca baik dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Dan dalam perkembangan kertas juga didasari oleh keinginan masyarakat dunia untuk belajar membaca dan menulis. Oleh karena itu, kertas dalam bidang pendidikan tidak dapat dipisahkan. Karena, munculnya gagasan tentang kertas dan bidang kehidupan yang sangat membutuhkan adalah bidang pendidikan.
Tidak hanya bidang pendidikan yang memanfaatkan kertas. Bidang jurnalistik juga berkembang sangat pesat karena penemuan kertas. Sebelum kertas ditemukan, orang kuno menggunakan beragam material untuk mencatat sesuatu. Orang Mesir kuno menuliskan catatan di batang pohon, di piringan tanah oleh orang Mesopotamia, di kulit domba oleh orang eropa dan yang lainnya.
Sejarah jurnalistik di mulai pada masa Romawi kuno, pada masa pemerintahan Julius Caesar (100-44 SM). Pada waktu itu, ada acta diurna berisi hasil uji coba semua, peraturan baru, keputusan senat dan informasi penting lainnya yang dipasang di pusat kota yang disebut Stadion Romawi atau “Forum Romanum”.
Peradaban Mesir Kuno menyumbangkan papirus sebagai media tulis menulis. Penggunaan papirus sebagai media tulis menulis ini digunakan pada peradaban Mesir Kuno pada masa wangsa firaun kemudian menyebar ke seluruh Timur Tengah sampai Romawi di Laut Tengah dan menyebar ke seantero Eropa, meskipun penggunaan papirus masih dirasakan sangat mahal. Dari kata papirus (papyrus) itulah dikenal sebagai paper dalam bahasa Inggris, papier dalam bahasa Belanda, bahasa Jerman, bahasa Perancis misalnya atau papel dalam bahasa Spanyol yang berarti kertas. Kemudian perkembangan kertas dimulai kembali dari Cina. Terinspirasi dari proses penggulungan sutra, orang Cina kuno berhasil menemukan bahan seperti kertas yang disebut ‘bo’ yang terbuat dari sutra.
          Bangsa barat baru mengenal kertas beberapa ratus tahun setelah orang Arab menggunakan. Pabrik kertas pertama di Eropa di bangun pada 1276 M di Italia. Bangsa barat mempelajari cara membuat kertas setelah kristen menginvasi Spanyol islam. Setelah kejayaan Islam redup, Akhirnya Barat mendominasi Industri kertas. Dokumen kertas tertua yaitu Mozarab Misa dari abad ke 11, kertas dibuat dengan menggunakan kulit pohon linen.
          Walaupun kertas pertama kali ditemukan cara pembuatan di Cina namun proses penemuan mesin cetak pertama kali ditemukan oleh bangsa barat Johann Gutenberg (1400-1468). Terdapat 4 komponen yang dikembangkan Gutenburg yaitu pembuatan huruf cetak bergerak yang dapat menjaga huruf- huruf tersebut tetap ada di posisinya, penggunaan jenis tinta dan bahan yang cocok. Penggunaan bahan yang digunakan Gutenburg adalah kertas itu adalah satu satunya bahan yang dapat digunakan dalam mesin cetak.
          Surat kabar pertama diterbitkan di Cina pada tahun 911, Pau Kin. Koran ini dimiliki oleh pemerintah ketika masa Kaisar Quang Soo. Tidak berbeda dalam Age of Caesar, Kin Pau mengandung berita keputusan, pertimbangan dan informasi lain dari Istana. Pindah ke Jerman, tahun 1609, penerbitan surat kabar pertama bernama Avisa Relation Order Zeitung. Pada 1618, surat kabar tertua di Belanda bernama Coyrante uytItalien en Duytschland. Surat kabar pertama di Inggris diterbitkan pada 1662 bernama Oxford Gazette (later the London) dan diterbitkan terus menerus sejak pertama kali muncul. Surat kabar pertama di Perancis, the Gazette de France, didirikan pada tahun 1632 oleh raja Theophrastus Renaudot (1.586-1.653), dengan perlindungan Louis XIII. Semua surat kabar yang terkena sensor prepublication, dan menjabat sebagai instrumen propaganda untuk monarki.
Industri surat kabar mulai menunjukkan kemajuan yang luar biasa ketika budaya membaca di masyarakat semakin meluas. Terlebih ketika memasuki masa Revolusi Industri, di mana industri surat kabar diuntungkan dengan adanya mesin cetak tenaga uap, yang bisa meningkatkan kinerja untuk memenuhi permintaan publik akan berita.
Kertas, bagi banyak perusahaan merupakan kebutuhan primer. Sama halnya dengan beras, kertas dikonsumsi sehari-hari untuk berbagai keperluan perkantoran. Semua lini organisasi atau divisi tidak bisa lepas dengan benda satu ini. Kertas digunakan untuk surat-menyurat, administrasi, pelaporan, pembuatan proposal, fotokopi dan lainnya.
Upaya untuk mengurangi konsumsi kertas sebenarnya telah dilakukan oleh banyak perusahaan. Kemajuan teknologi dan internet pun mendukung terciptanya paperless. Proposal dan laporan sekarang tidak perlu dicetak. Tinggal kirim e-mail, klien langsung mendapatkan berkasnya.
Walaupun ada usaha dari berbagai perusahaan Indonesia untuk mengurangi pemakaian kertas yang tidak diperlukan, masih lebih banyak perusahaan yang konsumsi kertasnya meningkat dibandingkan yang menurun. Penggunaan kertas untuk kebutuhan kantor di negeri ini tumbuh pada 40% perusahaan yang disurvei, dengan rata-rata penggunaan 300 lembar kertas per bulan untuk setiap karyawan.“Dengan pertumbuhan teknologi komputer dan kepedulian terhadap lingkungan tidak menurunkan penggunaan kertas di sektor bisnis. Lebih dari 50% perusahaan belum mempunyai peraturan perusahaan untuk mengurangi penggunaan kertas,” ujar Jeffrey Bahar, Managing Director Spire untuk wilayah ASEAN.
            Kertas sudah menjadi kebutuhan dasar manusia di zaman sekarang dan tidak dapat tergantikan dengan teknologi. Walaupun banyak usaha yang suadah dilakukan untuk mengurangi pemakaian kertas tetap saja kebutuhan kertas tetap ada. Karena kertas dapat membuat pekerjaan lebih praktis dan tidak memerlukan listrik untuk memakainya. Dibandingkan dengan teknologi computer kertas lebih murah dan terjangkau semua kalangan baik yang miskin ataupunyang kaya.
            Kebutuhan kertas diberbagai bidang tidak akan tergantikan. Usaha untuk mengurangi penggunaan kertas banyak dilakukan. Akan tetapi saya yakin kertas aadalah kebutuhan primer manusia yang seiring perkembangan zaman akan tetap diperlukan. Oleh karena itu, untuk tetap mempertahankan industry kertas diperlukan pengelolaan hutan yang baik. Agar kebutuhan kertas tetap terpenuhi dan hutan tetap terjaga kelestariannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANCA USAHA TANI dan SAPTA USAHA TANI

Kacang Tanah Lurik | MENGENAL KELEBIHAN KACANG TANAH LURIK ASAL NTT

BAKTERI PADA RUMEN RUMINANSIA